Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Powered by Blogger.

Site Info

Inilah Perbandingan Antara TKJ ( TEKNIK KOMPUTER JARINGAN ) VS RPL ( REKAYASA PERANGKAT LUNAK )

1. Apasih Yang dimaksud TKJ ?

   Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat WEB, dan masih banyak lagi.

   Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

   Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

   TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan.TKJ merupakan sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer.Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.Program keahlian TKJ berbeda dengan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak).RPL adalah jurusan yang mempalajari tentang program-program yang ada di komputer dan jika kita mengambil jurusan ini kita akan menjadi seorang programmer .

   Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

   Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan.

Ada beberapa alasan utama mengapa jurusan ini diminati oleh pada siswa diantaranya : 

1. Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap orang yang dimana pekerjaannya sebagian besar menggunakan teknologi informasi misalnya Komputer, Handphone, IPOD dan lain sebagainya;
2. Transaksi bisnis saat ini rata-rata sudah bergantung kepada mesin-mesin yang bekerja selama 24 jam misalnya perusahaan-perusahaan Hosting, Bank, perusahaan yang bergerak dibidang Komunikasi sekalipun;
3. Setiap hari, setiap bulan dan tahun teknologi informasi berkembang tiada henti seiring dengan perkembangan jaman khususnya dijaman digitalisasi seperti sekarang ini;
4. Peluang kerja di era kedepan sudah dipastikan manusia dapat berinteraksi dengan mesin-mesin yang bekerja secara kontinyu, dimana manusia beperan sebagai kontrol terhadap mesin-mesin tersebut;

5. Dalam kehidupan sehari-hari manusia sudah sangat bergantung kepada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi baik itu dibigan usaha, ekonomi, perbankan, perindustiran, bahkan saat ini sudah mermbah kebidang pendidikan dan lain sebagainya.

   (TKJ) adalah program keahlian yang bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya. Siswa TKJ (meskipun belum tamat) mampu bekerja sebagai teknisi komputer dan administrator jaringan di toko/ servis komputer, kantor, hotel, bank atau ISP baik di tingkat lokal (nasional) maupun luar negeri.

Tujuan Program Keahlian
1.     Menginstal perangkat jaringan berbasis local
2.     Menginstal perangkat jaringan berbasis luas (global)
3.     Menginstall perangkat computer personal dan menginstall system operasi dan aplikasi
4.     Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas.

   Dikelas X, atau sepuluh kita diajar bagaimana cara merakit beberapa komputer dan laptop. juga beberapa komponen lainnya semisal printer, apabila membongkar suatu PC kita diajar untuk mengenali semua komponen yang ada didalamnya, mendeskripsikan spesifikasinya misal hardisk, tipenya apa, mereknya, kapasitasnya, fungsinya, perkembangannya, dan masih banyak lagi. selain itu kita diajar untuk mendiagnosis kerusakan yang terjadi pada sebuah PC. kemudian mengelompokannya sesuai jenis kerusakannya. kode kode kesalahan baik yang didengarkan melalui suara (beep) ataupun yang terlihat. selain belajar dari komputer komputer di lab, mungkin kita akan diajak keluar untuk melihat kerusakan kerusakan komputer di sekitar sekolah kita baik itu di kantor kantor maupun disekolah sekolah lain. karena guru mengharapkan kita agar kita tidak berangan angan saja melainkan langsung mempraktekan apa yang diketahui. Dikelas XI kita mulai diajar mengenai jaringan local, misal membuat kabel UTP dan menghubung hubungkan komputer sekitar dengan menggunakan switch, menggunakan satu printer untuk dipakai 30 siswa dalam kelas dengan satu slot. menarik bukan. tapi sebelum itu melaksanakan PRAKERIN merupakan hal yang sangat mendominasi pertambahan pengetahuan yang menjadi keahlian siswa. karena selain belajar langsung di dunia luar (industri), kita juga mendapat pengetahuan tentang arti sebuah kehidupan. saaah. nah dikelas XII,, coba aja sendiri masuk jurusan TKJ.

1. PELUANG TKJ DALAM BEKERJA

   Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Level 1

1. Merakitpersonal computer

  • Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
  • Melakukan instalasi komponen PC
  • Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
  • Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
  • Menyambung periferal menggunakan Software
  • Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasanganperiferal.
2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar

  • Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
  • Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
  • Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software (sampling) dan melakukan troubleshooting
3. Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
  • Menjabarkan UU keselamatan kerja
  • Menerapkan prosedur standar keamanan manusia
  • Menerapkan prosedur standar keamanan alat
  • Menerapkan prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan.
4. Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
  • Menerapkan teori kelistrikan
  • Mengenal komponen elektronika
  • Menggunakan komponen elektronika
  • Menerapkan konsep elektronika digital
  • Menerapkan sistem bilangan digital
  • Menerapkan elektronika digital untuk komputer
5. Menerapkan Fungsi Periferal dan Instalasi PC
  • Mengidentifikasi macam-macam periferal dan fungsinya
  • Menyambung / memasang periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software
  • Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan periferal sederhana
6. Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan PeriferaL
  • Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
  • Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
  • Mengisolasi permasalahan
7. Melakukan Perbaikan dan/ atau Setting Ulang Sistem PC
  • Menjelaskan langkah perbaikan PC yang bermasalah
  • Memperbaiki PC
  • Memeriksa hasil perbaikan sistem PC
8. Melakukan perbaikan Periferal
  • Menjelaskan langkah perbaikan periferal yang bermasalah
  • Memperbaiki periferal
  • Memeriksa hasil perbaikan periferal
9. Melakukan Perawatan PC
  • Menjelaskan langkah perawatan PC
  • Melakukan perawatan PC
  • Memeriksa hasil perawatan PC
  • Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan PC
10. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI)
  • Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
  • Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) sesuai installation manual
  • Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface)
  • Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis Text sesuai Installation Manual
11. Menginstalasi Software
  • Menjelaskan langkah instalasi software
  • Melaksanakan instalasi software sesuaiInstallation Manual
  • Mengecek hasil instalasi menggunakan software(sampling)
  • Melakukan troubleshooting
Level 2

12. Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
  • Menentukan persyaratan pengguna dan pengenalan perangkat LAN
  • Membuat desain awal jaringan
  • Melaksanakan instalasi LAN dan mengkonfigurasi TCP/IP
  • Mengevaluasi lalu lintas jaringan
13. Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC yang tersambung Jaringan
  • Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
  • Menganalisa gejala kerusakan
  • Melokalisasi daerah kerusakan
  • Mengisolasi permasalahan
14. Melakukan Perbaikan dan/ atau Setting Ulang Koneksi Jaringan
  • Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
  • Melakukan perbaikan koneksi jaringan
  • Melakukan setting ulang koneksi jaringan
  • Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
15. Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Teks
  • Mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan
  • Melaksanakan instalasi sistem operasi jaringan sesuai installation manual
  • Mengkonfigurasi jaringan pada sistem operasi
  • Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
  • melakukan troubleshooting sederhana
16. Membuat desain sistem keamanan jaringan
  • Menentukan jenis jenis keamanan jaringan
  • Memasang firewall / perangkat keras/lunak keamanan jaringan
  • Mengidentifikasi pengendalian jaringan yang diperlukan
  • Mendesain sistem keamanan jaringan
  • Mengatur dan mengkonfigurasi perangkat keamanan jaringan
  • Menguji keamanan jaringan
17. Mengadministrasi server dalam jaringan
  • Memilih aplikasi untuk server
  • Memilih sistem operasi untuk jaringan
  • Memilih komponen server
  • Menetapkan spesifikasi server
  • Membangun dan mengkonfigurasi server
  • Menguji server
  • Memonitor kinerja jaringan.
18. Merancang Web Data Base untuk Content Server
  • Menentukan kebutuhan system
  • Menentukan prosedur recovery
  • Merancang Arsitektur Basis data
  • Mengklasifikasikan penggunaan basis data
Level 3

19. Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
  • Menjelaskan persyaratan WAN
  • Mengidentifikasi spesifikasi WAN
  • Membuat disain awal jaringan WAN
  • Melaksanakan instalasi WAN
  • Mengevaluasi lalu lintas jaringan
  • Menyelesaikan disain jaringan
20. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
  • Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
  • Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
  • Melokalisasi daerah kerusakan
  • Mengisolasi masalah
  • Menyelesaikan masalah yang timbul
21. Melakukan Perbaikan dan/atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Berbasis Luas (Wide Area Network )
  • Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
  • Melakukan perbaikan koneksi jaringan
  • Melakukan setting ulang koneksi jaringan
  • Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
22. Merancang Bangun dan Menganalisa Wide Area Network
  • Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan perangkat jaringan
  • Meninjau masalah keamanan
  • Memasang dan mengkonfigurasi produk dan perangkat Gateway
  • Mengkonfigurasi dan menguji titik jaringan
  • Mengimplementasi perubahan
2. Apasih Yang dimaksud RPL ?
   Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

   IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.[1]

   rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

  1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
  2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
  3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
  4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
    Perbedaan perangkat lunak dengan ilmu komputer Ilmu komputer seringkali didiskripsikan sebagai suatu studi sistematis pada proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi seperti halnya di sini adalah teori, analisis, disain, efisiensi, penerapan dan aplikasinya. Sedangkan perangkat lunak merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Jadi perangkat lunak itu dapat berupa program atau prosedur. Perbedaan antara RPL dengan ilmu komputer adalah Intinya, imu komputer berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak.

    Perbedaan rekayasa perangkat lunak dengan rekayasa sistem Rekayasa system mempunyai pengertian suatu sistem yang mampu memilih alat bantu yang baik dalam perencanaan maupun dalam penerapan perangkat lunak dan memiliki teknik yang baik untuk menilai kualitas dari perangkat lunak yang dihasilkan, serta mampu mengkoordinasikan, mengontrol, dan mengatur pelaksanaan pekerjaan pembuatan perangkat lunak. Sedangkan rekayasa pernagkat lunak itu adalah aplikasi dari ilmu computer yang membangun system perangkat lunak yang nantinya perangkat lunak itu akan dipilih kualitas dan tekniknya oleh rekayasa system. Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem. Perbedaan RPL dengan Rekayasa Sistem intinya Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.

    Model aliran kerja (workflow) : menunjukkan kegiatan pada proses bersama dengan input, output, dan ketergantungannya. Merepresentasikan pekerjaan manusia.

    Model aliran data (data flow) : merepresentasikan proses sebagai suatu set kegiatan yang melakukan transformasi data. Menunjukkan bagaimana input ke proses, misalnya spesifikasi ditransformasi menjadi output, misalnya menjadi desain.

    Model peran/aksi : merepresentasikan peran orang yang terlibat pada PL dan kegiatan yg menjadi tanggung jawab mereka.

    Model atau paradigma umum pada proses PL Model air terjun (waterfall) : Mengambil kegiatan dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi, dan evolusi dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian dan seterusnya.

    Pengembangan evolusioner : Pendekatan ini berhimpitan dengan kegiatan spesifikasi, pengembangan, dan validasi. Sistem awal dikembangkan dengan cepat dari spesifikasi abstrak. Sistem ini kemudian di perbaiki dengan masukan dari pelanggan untuk menghasilkan sistem yang memuaskan kebutuhan pelanggan.

    Pengembangan Sistem Formal : Pendekatan ini menghasilkan suatu sistem matematis yang formal dan mentransformasikan spesifikasi ini, dengan menggunakan metode matematik menjadi sebuah program.

    Pengembangan berdasarkan pemakaian ulang (Reusable) : Teknik ini menganggap bahwa bagian-bagian sistem sudah ada. Proses pengembangan sistem terfokus pada pengintegrasian bagian-bagian sistem dan bukan pengembangannya dari awal.

Tujuan RPL (Rekayasa Perangkat lunak):

  1. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
  2. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah
  3. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang murah
  4. Menghasilkan pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
RPL sendiri mempunyai ruang lingkup kerjanya yakni :

1. Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
2. Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
3. Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
5. Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
6. Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
7. Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
8. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.

Prospek Kerja Rekayasa Perangkat Lunak

    Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi khusunya yang berhubungan dengan software, prospek kerja RPL cukup cerah banyak sekali profesi yang berhubungan dengan RPL yakni :

  • Game Developer – Dengan berbagai bekal ilmu yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang yang menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.
  • Software Tester – Terkait dengan ukuran perangkat lunak, ia dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.
  • Computer Network / Data Communication Engineer – Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.
  • Web Engineer / Web Administrator – Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
  • Software Engineer – Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.
  • Programmer – Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.
  • Konsultan IT – Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
  • Database Engineer / Database Administrator – Berperan dalam perancangan dan
  • pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.
     Kesimpulannya ialah RPL merupakan singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak yang merupakan salah satu program keahlian yang ada di SMK/STM maupun yang ada di perguruan tinggi. Program keahlian ini mempelajari tentang perangkat lunak pada komputer.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Inilah Perbandingan Antara TKJ ( TEKNIK KOMPUTER JARINGAN ) VS RPL ( REKAYASA PERANGKAT LUNAK ) di blog Dunia Kepo jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com